Cara Ternak Ayam Petelur

Bagi anda yang ingin ternak ayam atau hanya ingin mengetahui informasi nya kali ini Kebun Maker akan membahas tentang ternak ayam petelur.

Seiring dengan ramainya kebutuhan pasar, saat ini semakin banyak yang melakukan ternak ayam, baik itu ternak ayam petelur maupun ternak ayam pedaging.

Walaupun saat ini semakin bertambah peternak ayam petelur, namun permintaan pasar selalu meningkat, sehingga supply telur di pasaran masih belum terpenuhi, bahkan terkadang supply telur yang kurang berdampak pada harga telur yang naik.

Berbeda dengan ayam Bangkok, ayam petelur adalah ayam betina dewasa yang dapat menghasilkan telur.

Telur yang dihasilkan jumlah nya banyak dan secara terus-menerus, dengan begitu ayam jenis petelur ini bisa di budi daya kan untuk di manfaatkan telur nya untuk dijual.

Mengolah masakan berbahan telur juga sangat populer di masyarakat, mulai dari kalangan bawah sampai kalangan elit pun juga mengkonsumsi nya karena sangat banyak varian nya.

Selain itu telur mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi yang bisa bermanfaat bagi tubuh manusia.

Buat anda yang berminat untuk ternak ayam petelur, masih mempunyai peluang di pasaran yang tetap besar untuk memulai usaha di bidang ini.

Namun jika anda berniat untuk ternak ayam petelur ini harus tahu cara – cara yang baik dan benar, supaya ternak ayam petelur memperoleh hasil yang maksimal dan tidak merugi.

Berikut ini beberapa hal yang perlu di perhatikan dan di persiapkan yang perlu anda ketahui mengenai ternak ayam petelur.

Ayam petelur ras cokelat

  1. Persiapan Kandang Ternak Ayam Petelur

Langkah pertama sebelum memulai usaha ternak ayam petelur adalah harus membuat atau mempersiapkan kandang nya, lokasi kandang harus diperhatikan.

Agar tidak menimbulkan masalah untuk kedepan nya, usahakan lokasi kandang jauh dari permukiman warga, agar bau yang timbul dari kotoran ayam atau dari ayam itu sendiri tidak mengganggu warga.

Selain itu lokasi yang jauh dari keramaian juga bisa mengurangi resiko stress pada ayam yang di ternak, serta mencegah penyebaran wabah penyakit terhadap manusia apabila timbul penyakit pada ternak ayam petelur.

Namun walaupun jauh dari pemukiman warga atau keramaian lokasi dapat di jangkau alat transportasi, untuk memudahkan operasioanal ternak ayam petelur.

Jenis kandang  untuk ternak ayam petelur :

  • Kandang umparan/ biasa

Kandang model ini berbentuk kandang biasa, ayam ternak diletakkan dalam satu kandang dan hasil telur ayam nya akan berceceran di lantai, sehingga memerlukan tindakan lebih untuk perlakuan terhadap hasil telur, misalnya mengenai pengambilan telur dan juga tentang kebersihan telur.

  • Kandang baterai

Karena model ini buat khusus untuk ayam petelur, untuk memudahkan saat memelihara dan juga waktu panen atau pengumpulan telur.

Kandang ini di anggap dapat meningkatkan produksi telur, karena ruang gerak nya terbatas, sehingga tidak menghabiskan energi untuk bergerak, dan ayam bisa fokus pada produksi telur.

Karena itulah kandang model ini paling banyak digunakan oleh para peternak ayam petelur, kandang ini satu kotak nya di isi dengan 1 ayam. Agar tidak memakan tempat, kandang bisa dibuat bersusun atau bertingkat, maksimal 4 tingkat.

Usahakan cahaya sinar matahari bisa masuk kekandang, dan terdapat sirkulasi udara pada kandang, suhu udara yang cocok pada ayam ternak petelur antara 32,2 – 35 °C, dengan kelembapan antara 60 – 70%. Jangan lupa penerangan atau jika di perlukan pemanasan kandang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pemilihan Bibit Ternak Ayam Petelur

Jenis bibit ayam petelur yang populer di Indonesia :

  • Ayam ras petelur putih

Ayam ras petelur putih mempunyai ciri – ciri warna bulu  putih, dan telur berwarna putih kecoklatan, berat badan ayam ras putih dewasa sekitar 1,7 kg.

  • Ayam ras petelur cokelat

Ayam ras petelur cokelat mempunyai ciri – ciri warna bulu nya yang cokelat, dan telur cokelat, berat badan ayam ras cokelat dewasa sekitar 2,1 kg.

Untuk  kandungan nutrisi pada telur kedua ayam tersebut terbilang mempunyai kandungan nutrisi yang sama.

Pilih bibit ayam petelur yang berkualitas bagus karena dapat mempengaruhi hasil produksi telur.

Cara memilih bibit ayam petelur:

  1. Bibit ayam petelur harus sehat dan tidak cacat
  2. Bulu bibit ayam petelur menutup rata
  3. Pertumbuhan bibitnya normal
  4. Bibit ayam petelur berasal dari indukan yang unggul, usahakan di peroleh dari penjual yang sudah terpercaya.

Jika bibit dari anakan (DOC/Day Old Chicken) sebaiknya;

  1. Anak ayam di peroleh dihasilkan dari induk yg sehat
  2. Bulu pada anakan menutup rata dan halus
  3. Anakan tidak cacat
  4. Nafsu makan yang baik
  5. Ukuran semua tubuhnya normal
  6. Berat badan ideal dan sesuai
  7. Tidak ada fases atau kotoran pada duburnya

Itulah beberapa hal yang penting saat memilih bibit untuk ternak ayam petelur yang perlu di perhatikan karena sangat berpengaruh pada hasil panen dan menghindari resiko kerugian saat ternak ayam petelur.

  1. Pemberian Pakan Ternak Ayam Petelur

Kandang baterai ternak ayam petelur

Saat ternak ayam petelur perlu memperhatikan pakan, karena ini sangat penting juga dalam ternak ayam, agar mendapatkan hasil produksi telur yang maksimal.

Dalam pemberian pakan harus berkualitas, yang mempunyai unsur kandungan protein, karbohidrat, mineral, kalsium serta vitamin, Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi nya.

Untuk pakan ayam ternak petelur yang biasa diberikan adalah konsentrat, dedak, dan jagung yang sudah digiling. Pakan diberikan setiap dua kali sehari saat pagi dan sore, dengan takaran yang pas, jangan sampai kurang, atau pun lebih.

Karena bisa berdampak pada hasil produksi telur dan biaya pemeliharaan ternak ayam tersebut agar tidak membengkak.

  1. Pemberian Nutrisi dan Vitamin Ternak Ayam Petelur

Sama seperti ternak ayam potong yang sangat menguntungkan, pemberian nutrisi dan vitamin ini juga sangatlah perlu dilakukan pada ayam petelur, karena agar kebutuhan pada tubuh ayam ter cukupi yang berpengaruh pada pertumbuhan ayam ternak dan kualitas telur yang di hasilkan.

Nutrisi dan vitamin ini bisa berupa obat – obatan yang di campur kan dengan pakan ayam ternak, yang bisa membuat ayam lebih sehat dan lebih produktif untuk menghasilkan telur.

Jangka waktu untuk memberikan vitamin dan nutrisi tambahan pada ternak nya bisa sampai 30 hari sekali.

Atau malah lebih pendek tergantung dari tingkat keefektifan pada ayam  ternak dalam menghasilkan telur.

  1. Pemberian Vaksinasi Ternak Ayam Petelur

Pemberian Nutrisi dan Vitamin Ternak Ayam Petelur

Merawat kesehatan pada ayam petelur adalah dengan memberikan vaksin untuk menjaga kekebalan tubuh ayam ternak.

Dalam pemberian vaksinisasi sebaiknya di lakukan dengan para ahli agar pemberian vaksin lebih tepat.

Selalu periksa  kondisi ayam ternak mengenai kesehatan nya, jika ada salah satu dari ayam yang kita miliki memiliki indikasi terkena serangan virus atau penyakit,.

Segera pisahkan dahulu dari ayam lain nya. Hal ini untuk mencegah ayam yang lain nya agar tidak tertular penyakit.

Inilah fungsi cahaya sinar matahari bisa untuk mencegah penyakit pada ayam, karena akan memberikan sistem metabolisme tubuh yang baik bagi ayam ternak.

  1. Perawatan Kebersihan Lingkungan Ternak

Selain perawatan kesehatan pada ayam ternak, yang harus diperhatikan juga adalah perawatan kebersihan kandang.

Ini juga sangat pentingnya karena bertujuan agar ayam ternak terhindar dari segala penyakit serta virus yang timbul dari kandang.

Kondisikan kandang selalu kering,  tidak ada genangan air. Dan harus segera dibersihkan jika ada kotoran yang menumpuk , bisa juga di semprot dengan desikfetan atau cuci kutu, agar kandang lebih steril.

  1. Panen Ternak Ayam Petelur

Ayam petelur akan memulai produksi telur saat menginjak usia 4 bulan, dan akan menghasilkan telur setiap hari, sehingga kita bisa mengambil dan mengumpulkan nya setiap hari.

Sebelum telur – telur yang di hasilkan ayam ternak tersebut di pasarkan, sebaik nya di sortir terlebih dahulu.

Dengan cara memisahkan telur yang mempunyai kualitas bagus dengan hasil telur yang abnormal.

Ciri telur abnormal yaitu bentuknya lonjong atau gepeng dan ukuran nya lebih besar atau bisa lebih kecil.

Jika telur yang mempunyai kualitas bagus sudah terkumpul, telur hasil ternak bisa di pasarkan langsung ke pasar atau pada tengkulak.

Itulah hal yang berkaitan dengan cara ternak ayam petelur yang kemungkinan berpengaruh besar, dan akan memberikan hasil panen yang maksimal serta meminimalisir kerugian saat beternak ayam petelur.

Sehingga anda mendapatkan keuntungan yang sangat banyak seperti hal nya orang yang ternak ayam bangkok yang sangat menguntungkan.

Demikian sedikit informasi dari kita, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin memulai usaha ternak ayam petelur.

Atau pun bagi anda yang ingin menambah wawasan tentang ternak ayam petelur agar ternak nya bisa bertumbuh lebih baik.

Terima kasih.