no comments

7 Cara Ternak Ayam Petelur Paling Mudah

7 Cara Ternak Ayam Petelur Paling Mudah

  1. Persiapan Kandang Ternak Ayam Petelur

Langkah pertama sebelum memulai usaha ternak ayam petelur adalah harus membuat atau mempersiapkan kandang nya, lokasi kandang harus diperhatikan, agar tidak menimbulkan masalah untuk kedepan nya, usahakan lokasi kandang jauh dari permukiman warga, agar bau yang timbul dari kotoran ayam atau dari ayam itu sendiri tidak mengganggu warga.

Selain itu lokasi yang jauh dari keramaian juga bisa mengurangi resiko stress pada ayam yang di ternak, serta mencegah penyebaran wabah penyakit terhadap manusia apabila timbul penyakit pada ternak ayam petelur.

Namun walaupun jauh dari pemukiman warga atau keramaian lokasi dapat di jangkau alat transportasi, untuk memudahkan operasioanal ternak ayam petelur.

Jenis kandang  untuk ternak ayam petelur:

  • Kandang umparan/ biasa

Kandang umparan ternak ayam petelur

Kandang model ini berbentuk kandang biasa, ayam ternak diletakkan dalam satu kandang dan hasil telur ayam nya akan berceceran di lantai, sehingga memerlukan tindakan lebih untuk perlakuan terhadap hasil telur, misalnya mengenai pengambilan telur dan juga tentang kebersihan telur.

  • Kandang baterai

Kandang baterai ternak ayam petelur

Karena model ini buat khusus untuk ayam petelur, untuk memudahkan saat memelihara dan juga waktu panen atau pengumpulan telur. Kandang ini di anggap dapat meningkatkan produksi telur, karena ruang gerak nya terbatas, sehingga tidak menghabiskan energi untuk bergerak, dan ayam bisa fokus pada produksi telur.

Baca Juga  12 Cara Ternak Ayam Bangkok Paling Mudah

Karena itulah kandang model ini paling banyak digunakan oleh para peternak ayam petelur, kandang ini satu kotak nya di isi dengan 1 ayam.  Agar tidak memakan tempat, kandang bisa dibuat bersusun atau bertingkat, maksimal 4 tingkat.

Usahakan cahaya sinar matahari bisa masuk kekandang, dan terdapat sirkulasi udara pada kandang, suhu udara yang cocok pada ayam ternak petelur antara 32,2 – 35 °C, dengan kelembapan antara 60 – 70%. Jangan lupa penerangan atau jika di perlukan pemanasan kandang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pemilihan Bibit Ternak Ayam Petelur

Jenis bibit ayam petelur yang populer di Indonesia :

  • Ayam ras petelur putih

Ayam petelur ras putih

Ayam ras petelur putih mempunyai ciri – ciri warna bulu  putih, dan telur berwarna putih kecoklatan, berat badan ayam ras putih dewasa sekitar 1,7 kg.

  • Ayam ras petelur cokelat

Ayam petelur ras cokelat

Ayam ras petelur cokelat mempunyai ciri – ciri warna bulu nya yang cokelat, dan telur cokelat, berat badan ayam ras cokelat dewasa sekitar 2,1 kg.

Untuk  kandungan nutrisi pada telur kedua ayam tersebut terbilang mempunyai kandungan nutrisi yang sama.

Baca Juga  12 Cara Ternak Ayam Potong Terbukti Sukses

Halaman Selanjutnya =>