7 Cara Ternak Ayam Petelur Paling Mudah

  1. Pemberian Vaksinasi Ternak Ayam Petelur

Merawat kesehatan pada ayam petelur adalah dengan memberikan vaksin untuk menjaga kekebalan tubuh ayam ternak, dalam pemberian vaksinisasi sebaiknya di lakukan dengan para ahli agar pemberian vaksin lebih tepat.

Pemberian Nutrisi dan Vitamin Ternak Ayam Petelur

Selalu periksa  kondisi ayam ternak mengenai kesehatan nya, jika ada salah satu dari ayam yang kita miliki memiliki indikasi terkena serangan virus atau penyakit,.

Segera pisahkan dahulu dari ayam lain nya. Hal ini untuk mencegah ayam yang lain nya agar tidak tertular penyakit.

Inilah fungsi cahaya sinar matahari bisa untuk mencegah penyakit pada ayam, karena akan memberikan sistem metabolisme tubuh yang baik bagi ayam ternak.

  1. Perawatan Kebersihan Lingkungan Ternak

Selain perawatan kesehatan pada ayam ternak, yang harus diperhatikan juga adalah perawatan kebersihan kandang.

Ini juga sangat pentingnya karena bertujuan agar ayam ternak terhindar dari segala penyakit serta virus yang timbul dari kandang.

Kondisikan kandang selalu kering,  tidak ada genangan air. Dan harus segera dibersihkan jika ada kotoran yang menumpuk , bisa juga di semprot dengan desikfetan atau cuci kutu, agar kandang lebih steril.

  1. Penen Ternak Ayam Petelur

Ayam petelur akan memulai produksi telur saat menginjak usia 4 bulan, dan akan menghasilkan telur setiap hari, sehingga kita bisa mengambil dan mengumpulkan nya setiap hari.

Baca Juga  9 Macam Makanan Burung Hantu Sesuai Jenisnya

Sebelum telur – telur yang di hasilkan ayam ternak tersebut di pasarkan, sebaik nya di sortir terlebih dahulu, dengan cara memisahkan telur yang mempunyai kualitas bagus dengan hasil telur yang abnormal. Ciri telur abnormal yaitu bentuknya lonjong atau gepeng dan ukuran nya lebih besar atau bisa lebih kecil.

Jika telur yang mempunyai kualitas bagus sudah terkumpul, telur hasil ternak bisa di pasarkan langsung ke pasar atau pada tengkulak.

Itulah hal yang berkaitan dengan cara ternak ayam petelur yang kemungkinan berpengaruh besar, dan akan memberikan hasil panen yang maksimal serta meminimalisir kerugian saat beternak ayam petelur.

Sehingga anda mendapatkan keuntungan yang sangat banyak seperti hal nya orang yang ternak ayam bangkok yang sangat menguntungkan.

Demikian sedikit informasi dari kita, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin memulai usaha ternak ayam petelur atau pun bagi anda yang ingin menambah wawasan tentang ternak ayam petelur agar ternak nya bisa bertumbuh lebih baik. Terima kasih.