no comments

12 Cara Ternak Ayam Potong Terbukti Sukses

12 Cara Ternak Ayam Potong Paling Gampang

  1. Pembuatan Kandang Ayam

Hampir sama seperti ternak Ayam Petelur, sebelum melakukan ternak ayam potong ini anda harus menyiapkan kandang nya, kandang ayam potong berbeda dengan ayam kampung biasa, karena ayam pedaging harus mengutamakan kebersihan dan juga harus memperhatikan pertumbuhan ayam ternak dengan baik.

Pastikan kandang berukuran cukup  luas, agar hewan ternak bisa bergerak dengan bebas dan aktif, dan kandang ternak mendapatkan sinar matahari yang cukup dan mempunyai ventilasi udara yang cukup untuk mendapatkan suhu udara yang baik yang berpengaruh pada pertumbuhan ayam ternak pedaging.

Kandang ternak ayam potong juga harus memiliki saluran pembuangan kotoran yang baik, dan sebaiknya kandang ayam diberi alas kawat strimin agar kotoran ayam bisa langsung jatuh kebawah, tidak bercampur dengan makanan atau minuman yang tersedia di kandang.

Untuk suhu udara pada kandang juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan umur ayam ternak, suhu kandang ayam berumur 1 -7 hari dalam suhu 32 hingga 34 derajat celcius, untuk anakan berumur 8 – 14 hari harus ber suhu 27 hingga 29 derajat celcius.

Baca Juga  12 Cara Ternak Ayam Bangkok Paling Mudah

Jangan mencampur ayam dewasa dengan ayam ternak anakan karena bisa berdampak tidak baik untuk pertumbuhan ayam ternak.

Ada 2 jenis kandang ayam ternak pedaging:

  1. Kandang Panggung

kandang panggung ternak ayam potong

Lantai kandang panggung  akan selalu bersih karena kotoran akan langsung jatuh ke bawah sehingga pengelolaan kebersihan lebih efisien, dan sisa pakan bisa dimanfaatkan untuk lain nya, misalkan sebagai pakan ikan sehingga penyebaran penyakit akibat penumpukkan kotoran bisa berkurang.

Di sarankan menggunakan kandang ini, kebanyakan peternak ayam pedaging juga menggunakan kandang panggung.

  1. Kandang Biasa

kandang biasa ternak ayam potong

Ada yang lebih suka menggunakan kandang biasa karena lebih mudah dan lebih murah, namun kandang juga harus ditutupi dengan plastik agar tetap hangat. Dan untuk lantai kandang biasa terbuat dari tanah yang di keraskan, seperti beton atau juga bisa menggunakan kayu. Untuk dinding, kandang biasa harus terbuat dari bata atau beton yang kuat, dengan ketinggian sekitar 30 cm.

Halaman Selanjutnya =>