12 Cara Ternak Ayam Potong Agar Cepat Panen

  1. Pemberian Vaksinasi

Pemberian vaksin ini bertujuan untuk menjaga kesehatan hewan ternak agar terhindar dari penyakit, biasanya menggunakan vaksin inaktif denga subtipe yang sama pada unggas sehat. Pemberian vaksin bisa di mulai saat hewan ternak berumur 4 hari dengan cara suntik subuktan.

Kondisi Ternak

Untuk cara pemberian vaksin juga bisa dilakukan dengan cara tetes mata, tetes hidung, injeksi atau suntikan atau metode spray, namun metode yang paling mudah dilakukan adalah dengan metode tetes mata dan juga hidung.

Berikut ini jadwal pemberian vaksin:

  • Ayam ternak berumur 3 – 4 hari, diberikan vaksin ND strain F dan setiap satu ekor ayam diberikan satu dosis [1 ml].
  • Ayam ternak berumur 10 hari, diberikan vaksin Gumboro dengan dosis sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan.
  • Ayam ternak berumur 21 hari menggunakan vaksin ND strain F dan setiap ekor ayam diberi 1 dosis [1 ml].
  • Dan  ayam ternak berumur 42 hari, dengan vaksinasi ND strain K (komacox) merupakan pemberian ND terakhir.
  1. Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan tubuh agar hewan ternak bertumbuh dengan baik.

 Berikut ini jadwal pemberian mineral, vitamin dan obat antibiotik:

  • Ayam ternak berumur 1 hingga 2 hari, vitamin, mineral, dan obat antibiotik merupakan obat anti stress dapat diberikan pada anak ayam.
  • Ayam ternak berumur 3 hingga 5 hari, bisa diberi bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral/feed suplement.
  • Dan ayam ternak berumur 6 hari dan selanjutnya, diberikan obat pencegah penyakit berak darah yaitu coccidiostat, di berikan secara rutin secara 3 hari berturut-turut, lalu 2 hari berhenti dan seterusnya.
  1. Pengaturan Ventilasi Udara

Pada kandang ayam ternak pedaging perlu mengatur suhu udara, pada minggu pertama suhu udara antara 34 – 35 derajat celcius, yang kemudian akan diturunkan secara bertahap di minggu kedua dengan suhu udara sekitar 23 derajat celcius, dan pada minggu ketiga adalah 29 derajat celcius. Setelah itu pemanas bisa dilepaskan saat ayam sudah mulai besar dan kuat.

Dan fungsi ventilasi udara pada kandang bisa untuk mengatur suhu udara tersebut, dengan cara menutup tirai pada kandang seluruhnya pada minggu pertama.

Setelah masuk minggu kedua, maka penutup dinding bisa dibuka 1/3 bagian atasnya, lalu dilanjutkan dengan membuka 2/3 bagian tirai di minggu ketiga, kemudian bisa melepas seluruh tirai di minggu keempat.

  1. Periksa Kondisi Ternak

Seperti rutinitas yang harus dilakukan setiap hari adalah memberikan pakan ayam ternak, mengisi wadah minum, dan memeriksa kondisi ternak juga di lakukan setiap hari.

Perhatikan jika ada ciri ayam yang terkena penyakit, misalnya mata yang terlihat kusam, terengah –  engah, lesu, tingkat kewaspadaan berkurang, sering meringkuk atau mengalami kerontokkan pada bulu.

Jika ada ayam yang seperti itu, maka segera pisahkan ayam agar tidak menular pada ayam lain yang masih sehat, dan rawat ayam yang sakit tadi agar bisa sembuh.

  1. Recording atau Pencatatan

Pencatatan harus dilakukan setiap hari dengan beberapa tahapan dalam ternak ayam pedaging, ini bertujuan untuk memperoleh data jumlah dari ayam ternak yang dipelihara, konsumsi pakan seperti jumlah pakan yang diberikan dan juga sisa pakan, vaksinasi, pemberian vitamin dan kegiatan medikasi lain serta penimbangan ayam ternak pedaging tersebut.

  1. Panen Ternak Ayam Potong 

Memanen ayam ternak pedaging dilakukan secara sistematik, yaitu penangkapan ayam dilakukan secara bertahap dengan cara melakukan penyekatan. Usahakan menghindari menangkap ayam secara sekaligus, karena bisa membuat ayam ternak lemas.

Jangan banyak menumpuk ayam ternak di sudut kandang, ini untuk menghindari ayam ber resiko mati.

Cara menangkap ayam ternak saat panen:

  • Pegang kaki ayam secara perlahan, dan pegang juga bagian dada kemudian angkat ayam keatas.
  • Usahakan hindari memegang ayam dengan cara menarik salah satu bagian sayap ayam, karena ayam akan memberontak dan ayam bisa terluka.
  • Kemudian ikat dua kaki ayam sesudah ditangkap, jangan lupa mencatat bobot saat ayam akan dijual.
  1. Mencuci dan Sanitasi Kandang Ternak

Setelah panen ayam ternak pedaging selesai di lakukan, maka selanjutnya perlu melakukan pengapuran pada bagian dinding dan juga lantai kandang ternak ayam.

Ada yang menyemprotkan formalin pada kandang lalu di diamkan kandang tersebut selama 10 hari, sebelum mulai lagi memasukkan bibit ayam negeri pedaging yang baru ke kandang.

Itulah beberapa hal penting yang perlu di perhatikan saat ternak ayam pedaging agar pertumbuhan ternak bisa baik dan hasil panen bisa maksimal.

Perlu di ketahui juga apabila masa ternak ayam sudah mulai memasuki awal panen maka segera di panen, untuk mengurangi resiko pada ayam serta biaya pemeliharaan ayam tidak membengkak karena terlalu lama di pelihara.

Demikian informasi dari Kebun Maker yang membahas tentang ternak ayam potong atau pedaging, semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih.