6 Resep Utama Membuat Umpan Ikan Mas

Membuat umpan ikan mas agar mendapat kan hasil banyak selain itu juga untuk menghemat biaya.

Bagi anda yang menggemari hobi memancing ikan mas, maka anda bisa mencoba cara ini agar hasil memancing ikan mas bisa membuahkan hasil yang memuaskan.

Cara membuat umpan ikan mas :

  • Alat dan Bahan :

  1. Telur asin
  2. Pelet jitu pancing
  3. Biskuit
  4. Air panas
  5. Mangkuk
  6. Sendok
  • Langkah membuat :

  1. Siapkan mangkuk untuk wadah pencampuran bahan – bahan yang sudah di siapkan.
  2. Masukan 2 butir biskuit kelapa ke dalam mangkuk, kemudian hancurkan sampai halus menggunakan sendok yang sudah di siapkan.
  3. Selanjutnya masukan 1 butir telur asin yang sudah di kupas, lalu halus kan bersamaan dengan biskuit tadi.
  4. Kemudian masukan air panas secukup nya secara bertahap , lalu di aduk secara perlahan agar di peroleh tekstur yang pas, tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembek.
  5. Setelah itu campur kan juga 1 sachet pelet jitu pancing, kemudian aduk sampai merata dengan cara mengaduk nya hingga membentuk adonan yang pas untuk umpan.

Itulah cara membuat umpan ikan mas secara umum agar memperoleh hasil yang banyak, serta menghemat biaya untuk mendapatkan umpan.

Umpan ikan mas dengan Margarin

Selain itu ada juga yang membuat umpan ikan mas menggunakan bahan lain yang juga di anggap jitu untuk mendapat kan ikan mas. Umpan ini kadang juga di gunakan pada ikan gurame.

 Bahan dan Cara Membuat Umpan Ikan Mas:

  1. Umpan ikan mas dengan Margarin

Ini bisa anda buat dengan cara menyiapkan terlebih dahulu baskom, kemudian masukan susu bubuk dan telur ayam mentah. Setelah itu aduk lalu kocok sampai mengeluarkan buih.

Setelah terdapat buih pada campuran bahan tadi, baru di tambahkan dengan margarin kemudian aduk lalu tuangkan ke dalam plastik, kemudian ikat sampai kencang dan kukus campuran bahan tersebut selama 10 menit. Sebelum umpan ikan mas ini dipakai, taburkan kroto.

  1. Umpan ikan mas dengan Kroto

Langkah pertama membuat umpan ikan mas dengan kroto adalah tuangkan telur ayam mentah ke dalam plastik ukuran 1 kg, kemudian kocok hingga berbuih. Setelah itu tambahkan umpan ikan dengan daun pandan dan kroto.

Setelah itu di aduk sampai merata, kemudian ikat kantong plastik lalu kukus selama 10 menit. Tambah kan juga Kinjoy dan Decho setelah di kukus.

Sebenarnya untuk mendapatkan ikan mas di beda tempat sebaiknya menggunakan umpan yang berbeda juga, ini di karena kan lingkungan yang mempengaruhi ikan mas tersebut.

Umpan Ikan Mas pada Beberapa Kondisi :

  1. Umpan ikan mas untuk lomba memancing

Membuat umpan ikan mas saat perlombaan memang membutuhkan umpan yang benar benar bagus supaya menang dalam lomba.

Langkah pertama siapkan blender, kemudian masukan telor bebek 1 butir, santen, susu, jagung dan ikan pindang kedalam blender.

Setelah itu aduk sampai halus, lalu tambahkan 3 butir telur dan aduk sampai rata, kemudian campur kan keju yang telah di parut kedalam nya, aduk lagi lalu Masukan kroto dan aduk sampai merata.

Setelah itu masukan adonan kedalam plastik, buatlah dua masing – masing 1 kg dengan ditambahkan daun pandan, ikat plastik sampai kencang.

Dan kukus adonan selama 20 menit. Tambahkan 1 kaleng Decho / tuna ketika mulai memancing, lalu tambahkan pengeras dan aduk.

  1. Umpan ikan mas untuk anakan

Bahan untuk membuat umpan ikan mas anakan adalah kuning telur bebek, Kroto, Essen tenggiri, Tepung maizena, Keju craft, daging Ikan sarden.

Caranya campur kan bahan seperti kroto, kuning telur, potongan keju, tepung maizena dan ikan sarden lalu aduk sampai merata, lalu masukan kedalam kantong plastik, kemudian kukus 1 – 2 jam. Berikan tetesan essen sebanyak 5 tetes/ons.

  1. Umpan ikan mas pada air keruh

Untuk membuatnya, pertama masukan pelet kedalam air panas. kemudian halus kan ikan cue, lalu masukan kuning telur dan keju dan aduk sampai merata. Setelah itu ambil pelet tadi dan campur kan lalu aduk.

Setelah itu masukan campuran bahan tadi ke dalam plastik lalu ikat, kemudian kukus selama 30 menit. Dan masukan kroto kedalam plastik, kukus 15 menit.

Kolam ikan dengan air yang keruh juga di manfaatkan dengan hasil yang sangat baik yaitu dengan budidaya ikan gurame.

Halaman Selanjutnya ->